Berbagai Cara Mengatasi Mata Ikan Secara Cepat dan Alami

Cara Mengatasi Mata Ikan

Clavus atau biasa kita kenal dengan sebutannya sebagai mata ikan adalah bagian lapisan kulit yang mengalami pengerasan akibat kulit sering mengalami gesekan dan tekanan. Jika Anda sentuh di bagian tersebut, Anda akan merasakan sakit, apalagi kalau sudah pecah. Tidak hanya terjadi di bagian telapak kaki saja, melainkan di telapak tangan meskipun jarang terjadi. Namun, Anda perlu mengetahui mengatasi mata ikan dengan bahan alami agar bisa cepat sembuh.

Sembuhkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Ada banyak cara untuk menyembuhkan mata ikan, salah satunya adalah dengan menggunakan bawang putih. Namun selain bawang putih masih ada beberapa bahan alami lainnya yang dapat menyembuhkan mata ikan. Berikut obat alami mengatasi clavus.

  1. Cuka sari apel

Bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan yaitu cuka sari apel. Cuka tersebut berfungsi untuk melembutkan kulit yang mengeras akibat mata ikan, sekaligus menyembuhkannya. Selain itu, sifatnya yang antibakteri dapat membunuh bakteri-bakteri yang menempel di kulit mata ikan, sehingga tidak menimbulkan infeksi.

Caranya hanya rendam kaki Anda yang terkena mata ikan di larutan cuka apel kurang lebih selama 30 menit. Lalu, gosok dengan 1 batu apung saja dan bungkus kakinya dengan perban yang sebelumnya sudah dibahasi dengan cuka apel.

  1. Pepaya

Selain dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan, pepaya ternyata juga dapat mengatasi mata ikan. Khasiatnya yang bisa mengelupaskan kulit berasal dari senyawa enzim dalam pepaya yang kadarnya tinggi.

Untuk caranya, oleskan kapas yang sudah dibasahi dengan jus pepaya ke bagian kaki yang terkena mata ikan, biarkan semalaman saja. Besoknya cuci bersih, lalu ulangi lagi sampai sembuh.

  1. Lemon

Salah satu buah yang selalu ampuh menyembuhkan penyakit tertentu yaitu buah lemon. Airnya yang asam bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan mata ikan dengan cepat.

Caranya, Anda dapat mengoleskan airnya atau menggosok potongan buahnya langsung ke mata ikannya dan tunggu saja sampai semalaman. Lakukan sebanyak 3 kali sehari agar mata ikan Anda cepat sembuh.

  1. Nanas

Buah yang sering dijadikan makanan rujak ini juga sama bermanfaatnya untuk mengatasi mata ikan. Terdapat kandungan enzim bromelain yang sifatnya dapat melunakan mata ikan dengan cepat. Selain itu, buah ini juga bisa mengurangi rasa sakitnya dan proses penyembuhannya juga lebih cepat.

Tempelkan saja potongan nanasnya di bagian mata ikannya langsung, lalu tutup dengan perban. Biarkan 1 malam saja dan besoknya buka, lalu cuci bersih. Ulangi setiap malam sampai mata ikan Anda sembuh.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa selain dipakai untuk kecantikan wajah juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan mata ikan. Dengan memijatnya beberapa kali di bagian mata ikan, sakitnya akan semakin berkurang dan dalam beberapa hari saja sudah bisa sembuh. Ulangi setidaknya 3 kali sehari sampai mata ikannya benar-benar sembuh.

Sangat mudah, bukan mengatasi mata ikan dengan memakai bahan alami? Masih banyak bahan alami yang dapat Anda gunakan, seperti bawang bombay, kunyit, baking soda, garam, maupun licorice. Pastikan Anda menggunakannya dengan rutin agar mata ikan Anda cepat sembuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *