Komponen-Komponen pada Harddisk dan Fungsinya

Bagi anda yang sering menggunakan komputer atau laptop pasti sudah sering mengenal yang namanya harddisk. Harddisk merupakan tempat penyimpanan data seperti software, aplikasi, dokumen, lagu, foto, dan lain sebagainya. Data yang disimpan pada harddisk tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan.

 

Bagian-bagian pada Harddisk Beserta Fungsinya

Harddisk Terbaik dan Berkualitas

Komponen-komponen harddisk memiliki fungsi yang berbeda-beda yang saling mendukung satu sama lain agar kinerja harddisk lebih efisien dan maksimal. Berikut daftar komponen bagian harddisk yang harus anda ketahui :

1. Platter
Platter merupakan komponen harddisk yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data, bentuknya bulat seperti cakram padat yang terdiri dari dua bahan yaitu benda padat yang membentuk platter dan zat magnetis yang membungkus platter.

Pada platter terdapat beberapa Track dan Sector di mana hal ini yang menyebabkan mengapa kapasitas yang ditulis pada harddisk tidak sesuai dengan kapasitas yang ditampilkan pada komputer karena Track dan Sector merupakan tempat penyimpanan ID pengenal untuk format harddisk. Jumlah plat dan ukuran yang digunakan berbeda-beda tergantung dengan kapasitas harddisk.

2. Spindle
Spindle merupakan poros untuk meletakkan platter yang berfungsi sebagai pemutar pelat harddisk yang disebut sebagai spindle motor. Jika makin cepat putarannya maka semakin bagus kualitas harddisk. Ukuran yang paling sering digunakan adalah 5400 rpm. Selain itu juga 7200 rpm dan 10000 rpm.

3. Head
Head berfungsi untuk membaca data kemudian merekam informasi yang terdapat pada permukaan plat. Head merupakan perangkat elektromagnetik yang diletakkan pada permukaan plat dan menempel pada Slider di mana slider melekat pada tangkai yang melekat pada Actuator Arms. Actuator Arms ini dipasang mati pada poros actuator oleh papan yang disebut dengan logic board.

4. Logic Board
Logic Board merupakan papan pengoperasian pada harddisk. Pada Logic Board terdapat Bios Harddisk yang berfungsi ketika harddisk dihubungkan ke Mother Board maka akan otomatis terbaca. Selain Bios Harddisk, Logic Board juga memiliki tempat untuk pendistribusian Power Supply atau switch data dari Head ke Mother Board yang akan diatur oleh Prosesor.

5. Actual Axis
Actual Axis merupakan sebuah penyangga agar Head tepat berada di atas dan di bawah Platter sehingga Head dapat membaca data dari harddisk.

6. Ribbon Cable
Ribbon Cable merupakan penghubung antara Head dan Logic Board di mana setiap data yang telah dibaca oleh Head akan dikirim ke Logic Board yang kemudian dikirimkan ke Motherboard agar Prosesor dapat memproses data yang disesuaikan tanpa adanya perubahan dengan input yang diterima.

7. IDE Connector
IDE Connector berfungsi sebagai penghubung antara harddisk dan mother board untuk mengirim dan menerima data. Pada harddisk yang menggunakan sistem SATA tidak lagi menggunakan kabel pita (Cable IDE).

8. Setting Jumper
Jika pada komputer dipasang dua buah harddisk maka kita bisa mengatur Jumper untuk menentukan mana harddisk primer dan sekunder atau disebut dengan Master dan Slave. Master yaitu harddisk utama sebagai tempat sistem dan software di install sendangkan Slave adalah harddisk sekunder sebagai tempat penyimpanan data pribadi.

9. Power Connector
Power Connector merupakan sumber arus yang didapatkan langsung dari power supply. Terdapat dua bagian power supply pada harddisk yaitu tegangan 12V untuk menggerakan mekanik seperti Platter dan Head, dan tegangan 5V untuk mensupply daya pada Logic Board agar dapat mengirim dan menerima data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *