Ketahui Seluk Beluk Dalgona Coffee yang Sedang Trend

Ketahui Seluk Beluk Dalgona Coffee yang Sedang Trend

Ketahui Seluk Beluk Dalgona Coffee yang Sedang Trend

Dalgona Coffee memang sedang sangat populer akhir-akhir ini. Ketika membuka sosial media, kamu akan dengan mudah menemukan orang-orang yang berbagi resep kopi satu ini, atau sedang membuat konten tentang aktivitas mereka mengocok dalgona coffee dengan macam-macam cara. Puluhan meme akan kamu temukan dengan mudah di akun-akun pribadi atau bahkan fanbase, dan artikel-artikel di internet ramai membahas tentang kopi ini. Namun, selain menikmati kelezatan sajikan kopi satu ini, tidak ada salahnya mengetahui asal-usulnya.

Sejarah Munculnya Dalgona Coffee

Awalnya, sajian kopi ini lebih sering disebut sebagai kopi krim atau kopi kocok. Cara penyajiannya adalah dengan mencampurkan kopi instan bubuk, gula, dan juga air panas. Semua bahan tersebut ditakar dalam jumlah yang sama, kemudian dikocok hingga mencari krim. Ketika krim selesai dibuat, kamu bisa meletakkannya di atas susu dengan memberikannya berbagai macam toping.

Sejarah kopi krim sendiri sudah ada sejak lama dan berasal dari negara India, Pakistan, maupun Macau. Sedangkan penamaan dalgona coffee, baru-baru ini saja dipopulerkan di masyarakat.

Penamaan tersebut adalah karena aktor Korea Selatan yang bernama Jung Il-woo datang mengunjungi restoran yang berada di Macau. Di restoran tersebut, ia memesan sebuah minuman yang rasanya mengingatkan pada permen dalgona khas Korea. Kemudian minuman tersebut juga ditayangkan pada acara TV berjudul ‘Stars Top Recipe at Fun-Staurant’. Hingga akhirnya muncul penamaan Dalgona Coffee untuk jenis kopi krim tersebut dan menjadi viral di berbagai media sosial.

Kemudian trend kopi ini menjadi kian populer sejak ada challenge membuat dalgona coffee di sosial media. Berbagai macam orang berusaha membuat kreasinya dan mengunggahnya di internet. Di tengah pandemi yang terjadi di tahun 2020 ini, masyarakat kian tertantang membuat dalgona coffee untuk mengisi waktu luang mereka. Sekaligus, ingin merasakan minuman kekinian meskipun tinggal di rumah saja.

Permen Dalgona di Korea yang Menjadi Favorit Generasi 90-an

Seperti halnya minuman atau makanan khas lainnya, Dalgona juga memiliki nilai tersendiri di mata orang-orang Korea Selatan. Di tahun 90-an, dalgona atau ppogi yang berarti makanan madu, merupakan jajanan yang banyak disukai anak-anak. Menurut Kenny Hong Kyoung-Soo yang memiliki cafe di Seoul, ia mengatakan bahwa hampir selalu memakan dalgona setiap pulang sekolah. Harganya sangat murah, dan rasanya pun manis disertai pahit.

Bahkan sebelum restoran- restoran cepat saji dari Amerika berkembang dan populer, jajanan dalgona sudah lebih dulu ada di hati anak-anak pada tahun 1970 sampai 1980-an.

Dalgona sendiri dibuat dengan cara mencampur gula dan air, kemudian campuran tersebut direbus sampai warnanya menjadi kuning. Setelah itu diberi tambahan baking soda dan mulai mengembang. Ketika sudah mengembang, dalgona akan mengeras sehingga bisa digigit. Begitulah cara membuat permen dalgona.

No comments.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *